Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 23 Januari 2017

Pulau Lombok




                                                               



                                                                 Pulau Lombok


Lombok adalah pulau yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat dengan di kelilingi lautan, di sebelah barat di batasi oleh selat Lombok yang menjuru ke Bali, di sebelah timur di batasi oleh selat Alas yang menjuru ke Sumbawa. Luas pulau Lombok mencapai 5.435km², pulau ini berbentuk bulat dengan semacam ekor di sisi barat daya yang panjangnya sekitar 70km. Pulau Lombok di bagi menjadi 5 bagian dengan 4 bagian sebagai kabupaten yakni; kabupaten Lombok Barat, kabupaten Lombok Utara, kabupaten Lombok Tengah dan kabupaten Lombok Timur, dan 1 bagian sebagai Kota Madia yang bertempat di Kota Mataram.
Penduduk pulau Lombok hampir mencapai 3 juta jiwa dengan suku asli yang di namakan Suku Sasak, bahasa yang di gunakanpun di namakan Bahasa Sasak sebagai bahasa daerah.
Agama yang di anut oleh penduduk yang ada di pulau Lombok masih beragam, namun sekitar 80% penduduk lombok beragama Islam dan selebihnya menganut agama lain dengan agama hindu menjadi agama kedua terbesar.
Lombok kelihatannya seperti Bali 50 tahun yang lalu.Ini disebabkan bahwa pada akhir abad ke-17 banyak orang bali yang berdatagan ke lombok dan masing-masing mempunyai kebudayaan dan peninggalan etniknya sendiri.
Kebudayaan Lombok dengan kuat dipengaruhi oleh elemen dari luar, khususnya dari Bali, Jawa (majapahit) dan Goa. pola hiasan elemen Asing meliputi, di antaranya, lewat keramik Cina dari periode Dynasty Ming. 
Pengaruh kebudayaan Sumbawa dan bima dipantulkan di rumah tradisional, pakaian, upacara tradisional dan kepercayaan. 

Sejarah
Menurut isi Babad Lombok, kerajaan tertua yang pernah berkuasa di pulau ini bernama Kerajaan Laeq (dalam bahasa sasak laeq berarti waktu lampau), namun sumber lain yakni Babad Suwung, menyatakan bahwa kerajaan tertua yang ada di Lombok adalah Kerajaan Suwung yang dibangun dan dipimpin oleh Raja Betara Indera. Kerajaan Suwung kemudian surut dan digantikan oleh Kerajaan Lombok. Pada abad ke-9 hingga abad ke-11 berdiri Kerajaan Sasak yang kemudian dikalahkan oleh salah satu kerajaan yang berasal dari Bali pada masa itu. Beberapa kerajaan lain yang pernah berdiri di pulau Lombok antara lain Pejanggik, Langko, Bayan, Sokong Samarkaton dan Selaparang.
Kerajaan Selaparang sendiri muncul pada dua periode yakni pada abad ke-13 dan abad ke-16. Kerajaan Selaparang pertama adalah kerajaan Hindu dan kekuasaannya berakhir dengan kedatangan ekspedisi Kerajaan Majapahit pada tahun 1357.
Kerajaan Selaparang  kedua adalah kerajaan Islam dan kekuasaannya berakhir pada tahun 1740 setelah ditaklukkan oleh gabungan Kerajaan Karang Asem dari Bali dan Arya Banjar Getas yang merupakan keluarga kerajaan yang berkhianat terhadap Selaparang karena permasalahan dengan raja Selaparang.

sumber :

Tidak ada komentar: