Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 12 Februari 2017

Kicir-Kicir - Betawi (Jakarta)

Kicir-Kicir - Betawi (Jakarta)

Siapa yang tak pernah mendengar lagu “Kicir-Kicir”? terlebih lagi bagi mereka yang telah lama tinggal di Jakarta. Pada setiap tahunnya lagu ini selalu didendangkan dalam acara ulang tahun Kota Jakarta oleh artis-artis Ibu Kota.
Hingga saat ini lagu Kicir-Kicir telah berkembang dalam versi atau aransemen yang lebih modern. Misalnya, lagu ini diaransemen dengan musik elektronik atau band, atau lagu ini diubah ulang melalui musik hip-hop atau rap. Padahal versi aslinya lagu Kicir-kicir diiringi oleh orkes tanjidor. Meski begitu, ciri khas orang Betawi tetap melekat pada lagu Kicir-Kicir ini.
Lagu Kicir-kicir sebenarnya muncul dari tradisi pantun nusantara, terutama pengaruh dari pantun melayu dan syair. Hal tersebut terlihat dari lirik lagu ini yang terikat oleh rima, jumlah suku kata, dan lirik persis seperti pantun dan syair.
Pada lirik pertama dan kedua di setiap bait lagu Kicir-Kicir berisi sampiran dan di dua lirik selanjutnya terdapat isi. Hal inilah yang menandakan bahwa lagu Kicir-Kicir merupakan pengembangan dari bentuk pantun dan syair.
Budaya Betawi memang erat kaitannya dengan budaya Melayu dan China. Oleh sebab itu, khalayak akan melihat jejak-jejak perpaduan budaya Melayu dan Cina pada beberapa atau sebagian besar produk budaya Betawi, salah satunya melalui lagu daerahnya.
Keterkaitan antara budaya betawi dan melayu terlihat dari bahasa yang digunakan masyarakat betawi. Pada dasarnya mereka menggunakan bahasa melayu, namun kemudian bahasa-bahasa lainnya diserap oleh orang-orang melayu. Misalnya, bahasa Sunda, Jawa, Belanda, Portugis, dan Cina.
Image result for lagu daerah kicir kicir
Lirik Lagu Daerah DKI Jakarta - Kicir-Kicir
Kicir kicir ini lagunya
Lagu lama ya tuan dari Jakarta
Saya menyanyi ya tuan memang sengaja
Untuk menghibur menghibur hati nan duka

Burung dara burung merpati
Terbang cepat ya tuan tiada tara
Bilalah kita ya tuan suka menyanyi
Badanlah sehat ya tuan hati gembira

Buah mangga enak rasanya
Si manalagi ya tuan paling ternama
Siapa saya ya tuan rajin bekerja
Pasti menjadi menjadi warga berguna

Lagu Kicir-kicir dari provinsi DKI Jakarta adalah lagu rakyat nasional di Indonesia, sampai saat ini belum diketahui nama penciptanya alias NN (No Name)



Tidak ada komentar: