Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 07 Februari 2017

ALAT MUSIK KECAPI - SUNDA

ALAT MUSIK KECAPI - SUNDA



Kacapi adalah alat musik Sunda yang dimainkan untuk alat musik utama dalam Tembang Sunda ataupun Mamaos Cianjuran serta kacapi suling. Rincian unsur nada pada sebuah kacapi parahu. Kata kacapi di dalam bahasa Sunda juga merujuk kepada jenis tanaman sentul. Tanaman ini dipercaya kayunya dipakai untuk membuat alat musik kacapi. Alat ini termasuk alat musik Sunda yang dimainkan menjadi alat musik utama dalam Tembang Sunda ataupun Mamaos Cianjuran serta kacapi suling. Kata kacapi dalam bahasa Sunda juga merujuk pada tanaman sentul, yang kayunya diyakini digunakan untuk membuat alat musik kacapi.

kata kacapi dalam bahasa Sunda juga merujuk kepada tanaman sentul, yang dipercaya kayunya digunakan untuk membuat alat musik kacap.Sebagai alat pengiring, kecapi dapat dimainkan atau terbagi menjadi kecapi indung atau kecapi rincik. Kecapi induk atau kecapi indung merupakan kecapi yang biasanya berfungsi dan digunakan untuk memimpin adanya iringan musik dengan cara dalam memberikan bridges, intro, dan bahkan interlude, serta tempo.

Jika dilihat dari sepintas maka kecapi berbentuk begitu simple ataupun sederhana saja. Kayu yang sudah direndam selama 3 bulan adalah bahan baku utama untuk membuat alat musik kecapi. Sedangkan dalam membuat senar yang bagus dan dapat menghasilkan alunan nada yang menggoda. Maka seharusnya menggunakan kawat yang terbuat dari bahan campuran tembaga serta emas. Atau biasa disebut dengan nama kawat suasa. Dahulunya senar yang dipakai kebanyakan menggunakan kawat suasa. Tapi karena harganya tidaklah murah jadi kebanyakan orang memakai senar berbahan dari baja.


Pada waktu memainkan kecapi, posisikan tubuh serta jari tangan dengan baik. Ada tiga teknik dalam memetik alat musik kecapi, yaitu teknik petikan dijambret. Selain itu teknik sintreuk toel serta teknik petikan dijeungkalan. Asal mula nama petikan dijambret terinspirasi dari perbuatan seseorang waktu akan menjambret sesuatu. Posisi tubuh serta gerakan jari mirip posisi waktu akan menjambret. Yaitu gerakan jari–jari di dalam membunyikan 3 buah nada dilakukan dengan cara bersamaan. Teknik petikan menjambret biasa dipakai untuk mengiringi lagu sunda dengan irama mars yang mempunyai intonasi nada yang cukup cepat.

Teknik petikan sintreuk toel dikerjakan dengan langkah memetik menggunakan telunjuk kanan serta 2 buah telunjuk kiri. Posisi telunjuk tangan kanan melipat ke bagian dalam serta ujung kukunya menyentuh pada senar dengan langkah  menjentik. Untuk Posisi telunjuk tangan kiri sedikit melengkung ke bawah serta ujung kukunya menyentuh pada senar. Teknik petikan dijeungkalan hampir sepadan dengan teknik petikan dijambret. Untuk Posisi tangan kanan menjadi penyaji iringan musik serta tangan kiri sebagai penyaji suara bass.





Credits: http://www.satujam.com/alat-musik-kecapi/


Tidak ada komentar: