Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 05 Februari 2017

JOGLO - JAWA TENGAH

JOGLO - JAWA TENGAH


Image result for rumah adat joglo tradisional

Joglo mencerminkan sebuah ketenagan hidup. Ini terlihat dari konstruksi atap yang kokoh dan bentuk lengkung-lengkungan di ruang per ruang.Rumah joglo bukan hanya sekedar konstruksi rumah belaka, namun juga hadir sebagai seni konstruksi. Joglo juga merupakan refleksi nilai dan norma masyarakat pendukungnya. Keindahan menjadi inti dari rumah joglo selain sikap religiusitasnya. Itu semua terefleksi dalam arsitektur rumah joglo.

Dalam hal pintu, joglo memiliki tiga buah pintu masuk, yaitu pintu utama yang letaknya di tengah. Pintu kedua dan ketiga berada di samping kiri dan kanan pintu utama. Makna simbolis terekam dari ketiga bagian pintu tersebut bahwa kupu tarung yang berada di tengah untuk keluarga besar, sementara dua pintu di samping kanan dan kiri untuk besan.Gedongan merupakan ruang bagian dalam. Gedongan ini dijadikan sebagai mihrab, tempat Imam memimpin salat. Gedongan ini dikaitkan dengan makna simbolis sebagai tempat yang disucikan, sakral, dan dikeramatkan. Gedongan juga kerap digunakan sebagai tempat tidur pengantin bagi anak-anaknya.

Jaga satru merupakan bagian lain dari rumah joglo, yang khusus digunakan untuk umat dan terbagi menjadi dua bagian. Sebelah kiri untuk jamaah wanita dan sebelah kanan untuk jamaah pria. Di ruang jaga satru, di depan pintu masuk terdapat satu tiang di tengah ruang yang disebut tiang keseimbangan atau soko geder. Tiang tersebut sebagai simbol kepemilikan rumah dan berfungsi sebagai petanda atau tonggak untuk mengingatkan pada pemiliknya tentang keesaan Tuhan.Terdapat empat tiang utama di ruang dalam. Tiang itu disebut soko guru yang melambangkan empat hakikat kesempurnaan hidup. Dapat juga ditafsirkan sebagai hakikat dari sifat manusia.  Kehadiran bentangan dan tiang penyangga dengan atap bersusun (biasanya dibiarkan menyerupai warna aslinya) menjadi ciri khas dari kehadiran sebuah pendopo dalam rumah dengan gaya ini. Hal ini juga untuk menunjukkan status sosial pemiliknya.Tumpang dan sunduk merupakan penyambung atau penghubungan bagian soko guru. Posisi tumpang di atas sunduk. Dalam bahasa Jawa, kata “sunduk” itu sendiri berarti “penusuk”.

Lapisan balok kayu biasanya terdapat dibagian paling atas soko guru. Lapisan balok ini yang membentuk lingkaran-lingkaran bertingkat yang melebar ke arah luar dan dalam. Pelebaran ke bagian luar ini dinamakan elar. Dalam bahasa jawa elar berarti sayap. Sedangkan pelebaran ke bagian dalam disebut ‘tumpang-sari’. Elar ini menopang bidang atap, sementara Tumpang-sari menopang bidang langit langit joglo (pamidhangan).Rumah joglo dapat dibedakan menjadi empat bagian, yaitu Muda (Nom), Tua (Tuwa), Laki-laki (Lanang), dan Perempuan (Wadon). Muda merupakan jogloTua merupakan joglo yang bentuk tampilannya cenderung memanjang dan meninggi (melar). Tua merupakan joglo yang bentuk tampilannya cenderung pendek (tidak memanjang) dan atapnya tidak tegak/cenderung rebah (nadhah). Laki-laki merupakan joglo yang terlihat kokoh karena rangkanya relatif tebal. Perempuan (wadon/padaringan kebak) merupakan joglo yang rangkanya relatif tipis/pipih.

Sejarah Rumah Joglo :

Rumah Joglo yang didirikan pada tahun 1835 ini merupakan saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Dimasa awal pendiriannya, fungsi yang lebih menonjol adalah sebagai tempat musyawarah masalah kenegaraan dan menyusun strategi dalam melawan Belanda. Pada saat clash II di Yogyakarta, menjadi markas besar tentara pelajar (TP) seluruh Jogjakarta di bawah pimpinan Kapten Martono (Menteri Transmigrasi masa pemerintahan presiden Soeharto).

Joglo Kelor merupakan joglo terbaik se-Kabupaten Sleman. Hal ini terlihat dari bagian-bagiannya yang lebih lengkap dan masih asli. Menurut pandangan metafisika, rumah joglo ini memiliki energi spiritual yang dapat dirasakan dalam radius ± 100 meter. Secara Resmi, Joglo Kelor menjadi obyek wisata pada bulan oktober 2002. Beberapa waktu lalu, sebuah Sepeda (yang dipakai oleh Kapten Martono) dan Lampu Gantung (yang digunakan untuk penerangan dalam rapat-rapat TP), di pindahkan dari Joglo ke Benteng Vredeburg.
sumber referensi :

Tidak ada komentar: