Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 11 Februari 2017

Pulau Derawan - Kalimantan Timur

Pulau Derawan - Kalimantan Timur 

Berkas:Derawan Island East Kalimantan.jpg

         Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten BerauKalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah objek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia.
Kepulauan Derawan memiliki tiga kecamatan yaitu, Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk Biduk, Berau. Sedikitnya ada empat pulau yang terkenal di kepulauan tersebut, yakni Pulau MaratuaDerawanSangalaki, dan Kakaban yang ditinggali satwa langka penyu hijau dan penyu sisik.
Secara geografis, terletak di semenanjung utara perairan laut Kabupaten Berau yang terdiri dari beberapa pulau yaitu Pulau PanjangPulau RaburabuPulau SamamaPulau SangalakiPulau KakabanPulau NabukoPulau Maratua dan Pulau Derawan serta beberapa gosong karang seperti gosong Muarasgosong Pinakagosong Buliulingosong Masimbung, dan gosong Tababinga.
Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu terumbu karangpadang lamun dan hutan bakau (hutan mangrove). Selain itu banyak spesies yang dilindungi berada di Kepulauan Derawan seperti penyu hijaupenyu sisikpauslumba-lumbakimaketam kelapaduyungikan barakuda dan beberapa spesies lainnya.
Kepulauan Derawan ini sedang dipromosikan oleh Kabupaten Berau dan Provinsi Kalimantan Timur, sebagai salah satu wisata andalan. Wisatawan lokal dan Mancanegara, makin berwisata disana, pilihan selain untuk menyelam, melihat proses bertelur penyu, juga menikmati pantai yang bersih dan indah. Sepanjang pantai bersih dan tidak ada sampah. Fasilitas komunikasi di Kepulauan Derawan sudah baik, sebagai contohnya adalah sudah terjangkau dengan sinyal 3G.
          Pulau Derawan, sebuah tempat wisata yang layak disebut sebagai “surga dunia” karena menyajikan sebuah keindahan wisata alam baik diatas laut maupun didalam laut yang sungguh mengagumkan. Dari atas laut, Pulau Derawan menyajikan sebuah hamparan permukaan air laut yang berwarna gradasi biru dan hijau, hamparan pasir putih, barisan pohon kelapa di pesisir pantai, serta rumah-rumah sederhana sebagai penginapan yang menjorok ketengah laut hampir 100 meter yang membuat kita dapat menikmati beraneka ikan warna-warni dan penyu yang berlalu lalang secara bebas dibawah kita. Bagaimana sangat indah bukan ?
         Tetapi tidak hanya sampai disitu, Pulau Derawan menyajikan wisata bahari yang tak kalah menarik. Disekitar perairan Pulau Derawan terdapat taman laut yang digunakan untuk wisata diving dengan kedalaman kurang lebih 5 meter. Di taman laut ini terdapat beraneka macam biota laut yang hidup dan berkembang secara berdampingan, diantaranya beraneka jenis terumbu karang, cumi-cumi, kuda laut, gurita, ikan pipa, belut pita, dan ikan skorpion. Pengunjung juga dapat meninjau beberapa pulau lainnya yang masih berada di sekitar Pulau Derawan yang tentunya memiliki keunikan wisata alam tersendiri, diantaranya ikan pari hitam yang memiliki lebar diameter 6 meter, ketam kelapa, lumba-lumba, penyu hijau, penyu sisik, paus, dugong, hingga danau yang berada ditengah laut. Sungguh tempat wisata yang sangat mengagumkan, tak heran tempat wisata ini sangat terkenal sampai mancanegara bahkan menduduki peringkat ketiga teratas di dunia sebagai tempat tujuan menyelam bertaraf internasional.

Akses jalan:
  • Via Darat
Bagi yang sudah berada di Kalimantan bisa dengan jalan darat yang sudah tersambung walaupun di beberapa tempat jalannya masih rusak.

Rutenya: Palangkaraya –> Banjarmasin -> Balikpapan -> Samarinda -> Tanjung Redeb -> Tanjung Batu -> Pulau Derawan.
Rincian Biaya:
Banjarmasin-Samarinda (Bus) = Rp. 120.000-150.000

Samarinda – Tanjung Redeb (Travel semacam mobil Avanza)= Rp. 275.000-300.000
Tanjung Redeb – Tanjung Batu (Travel semacam mobil Avanza) = Rp. 100.000
Tanjung Batu – Pulau Derawan (Speedboat) = Rp. 100.000
  • Via Udara
Untuk via udara dari kota asal ada banyak penerbangan menuju Balikpapan, kemudian dari Balikpapan bisa melalui dua cara, yaitu lewat Berau atau lewat Tarakan. Kedua cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing. Yang lewat Tarakan kelebihannya adalah lebih murah dan lebih banyak pilihan penerbangannya dari pada melalui Berau.
Namun yang dari tarakan lebih jauh jalur lautnya untuk menuju Pulau Derawan dan tidak ada speedboat reguler atau untuk umum, sehingga harus menyewa sendiri. Lewat Tarakan lebih mudah bagi yang berangkat secara rombongan.Sedangkan dari Berau lebih mudah bagi yang sendiri karena ada banyak mobil travel umum menuju Tanjung Batu dan Speedboat umum menuju Pulau Derawan.
Maskapai yang melayani penerbangan Balikpapan ke Berau dan Balikpapan: Sriwijya Air, Wings Air, Kalstar, Garuda Indonesia. Untuk harga bervariasi tergantung musim dan maskapai, silahkan cek di masing-masing web untuk membandingkan harga.
Tempat tinggal:
Ada banyak tempat pilihan untuk menginap di Kepulauan Derawan, dari tingkat penginapan, homestay sampai Resort semua tersedia, tegantung budget anda yang tersedia.
Tempat yang paling lengkap ada di Pulau Derawan, yang paling murah adalah Penginapan Ilham (Rp. 100.000), untuk Homestay di Rumah penduduk sekitar Rp. 250.000. Di atas itu ada cottage yang di bangun di atas laut (Sekitar Rp. 300.000) serta Resort dengan harga di atas lima Ratus Ribu Rupiah hingga jutaan.
Alternatif lain untuk tinggal adalah di Pulau Maratua, di sini juga bisa menginap di homestay penduduk, tapi tarifnya lebih mahal sedikit daripada di Pulau Derawan. Yang punya uang lebih juga bisa mencoba menginap di Maratua Paradise Resort yang terkenal, tarinya permalam dari Rp. 990.000,- per orang per malam untuk Water Villa, dan Rp. 660.000,- per orang per malam untuk Beach Villa.

Wisata:
Atraksi utama di Kepulaun Derawan tentu saja yang berkaitan dengan wisata air dan bawah laut. Ada beberapa pulau yang bisa di kunjungi di Kepulaun Derawan, yaitu Pulau MaratuaKakaban,Sangalaki, Nabucco, Bakungan dan Pulau Derawan itu sendiri.
Aktifitas yang biasa dilakukan adalah berjemur di pantai, berenang, snorkeling, diving, serta melihat penyu
Ada banyak tempat penyewaan alat snorkeling di Pulau Derawan dengan tarif sekitar dan Rp. 50.000 per hari. Sedangkan bagi para diver juga tersedia beberapa Dive Centre dengan alatnya yang lengkap.
Untuk berkeliling di Pulau Derawan juga bisa dengan berjalan kaki karena pulaunya yang tidak terlalu besar. Sedangkan untuk ke pulau-pulau lainnya karena tidak ada kapal regular jadi harus menyewa sendiri.
Ada beberapa pilihan speedboat yang bisa digunakan untuk berkeliling sesuai, harga tergantung besar dan kapasitas penumpang.
Untuk speedboat dengan kapasitas 3 sampai 4 orang untuk satu hari Rp. 1.900.000 sampai Rp. 2.500.000 untuk satu hari. Speedboat dengan kapasitas 6 orang hingga 12 orang lebih mahal lagi. 

sumber : 

Tidak ada komentar: