Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 06 Februari 2017

Teluk Biru Banyuwangi


Teluk Biru Banyuwangi 

Image result for teluk biru banyuwangi


      Teluk Biru Banyuwangi merupakan sebuah taman wisata laut yang memiliki keindahan air dan panorama dasar laut yang memukau. Suasana di teluk ini masih sangat alami, baik air laut maupun lokasi nya. Tak heran jika warna air laut nya sangat jernih, dan nama Teluk Biru sendiri dilatar-belakangi oleh kejernihan airnya yang nampak kebiru biruan.

Keindahan salah satu tempat snorkeling di Banyuwangi ini memang tidak dapat dipandang sebelah mata, panorama bawah lautnya memang sangat memanjakan mata anda ketika pertama kali bersnorkling ditempat ini. Sementara pantai berpasir putih menjadikan mata jernih & segar saat dipadu dengan warna air laut.

      Tempat wisata ini dipisahkan oleh tanjung kecil dengan kawasan pantai Perpat. Dibagian tengah, terdapat sungai (sunglon) yang disampingnya terdapat tonjolan daratan disebut sebagai Legon. Pada zona Legon inilah perairannya relatif tenang dan dapat  digunakan untuk beristirahat diatas perahu tanpa takut terkena goncangan ombak.

Dibelakang terkadang kita akan menemukan binatang lutung (sebangsa monyet) bergelayutan dari pohon satu ke pohon lainnya.

Tak jarang pula dari kejauhan nampak elang laut sedang terbang dan mencari makan untuk anak-anaknya. Hal tersebut bisa menjadi selingan menarik saat bersantai disepanjang pantai yang juga ditumbuhi oleh lamun (rumput laut).



Related image


      Meskipun demikian Teluk Banyu Biru ini masih tergolong belum banyak diketahui bahkan oleh para wisatawan bahkan juga bagi para masyarakat Banyuwangi sendiri. Hal ini dikarenakan oleh keberadaan dari surga bawah laut yang ada di pulau ini masih belum se-populer seperti layaknya Teluk Ijo, Pulau Merah, Pantai Sukamade,  Blue Fire Kawah Ijen, Serta Pantai Bama.
      Hal ini bisa dimaklumi karena keberadaannya yang memang belum dikelolah secara profesional, selain itu juga lokasinya yang cukup tersembunyi dan juga hanya dapat dijangkau melalui jalur laut, yang membuat Teluk Banyu Biru ini bagai surga tersembunyi di pelosok Banyuwangi.
Berbeda dengan Potensi Wisata Teluk Hijau yang menandalkan keindahan dari segi keberadaan pasir putih dan juga warna air lautnya yang berwarna kehijauan, hal ini justru bisa dikatakan cukup berbeda karena potensi wisata Teluk Biru ini mengandalkan keindahan yang justru terletak pada keindahan alam bawah laut dengan keindahan pemandangan terumbu karangnya.
      Keindahan terumbu karang di selanggrong yang begitu tampak eksotis yang dipenuhi oleh berbagai macam jenis biota laut, sehingga Teluk Banyu Biru dapat menjadi sebuah alternatif untuk kegiatan snorkeling saat anda berada di Banyuwangi. 

PERAN KOMUNITAS PELESTARI ALAM.

     Teluk Banyu biru ini juga merupakan salah satu kawasan Fishground (Areal tangkap ikan) bagi para nelayan yang ada di sekitar selat Bali.
Sebagai akibat dari kurangnya informasi yang diberikan kepada para nelayan mengenai kelestarian laut, maka sejak tahun 1980-1990 hingga sekarang begitu banyak nelayan melakukan kegiatan penangkapan ikan dengan menggunakan bom Ikan, potasium serta melakukan penangkapan ikan dengan memakai jaring monofilament yang tidak digunakan pada tempat yang semestiya, sehingga mengakibatkan terjadinya kerusakan ekosistem laut yang luar biasa.
     Maka dari itu, dalam upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan dan alam setempat dan agar tidak terjadi kembali peristiwa pengeboman ikan, maka kawasan ini telah dilindungi oleh komunitas dari daerah setempat yang bernama Gerakan Muncar Rumahku atau biasa di singkat dengan GEMURUH.
     Komunitas GEMURUH ini memiliki beberapa kegiatan dala upaya pelestarian lingkungan. Yakni diantaranya adalah melakukan transpalantasi terumbu karang, penanaman fish apartement, dan juga gerakan penanaman pohon mangrove didaerah pantai yang memiliki tujuan utama yakni untuk menyelamatkan dan menjaga kelestarian alam sekitar.

sumber referensi :

Tidak ada komentar: