Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 02 Februari 2017

Pulau Moyo - SUMBAWA NTB

Pulau Moyo - SUMBAWA NTB

Image result for sejarah pulau moyo sumbawa

         Pulau Moyo merupakan sebuah pulau unik yang dikenal dengan keindahan alam dan taman bawah lautnya yang menawan, pulau ini berada di sebelah utara pulau Sumbawa dengan luas 350km2, dengan garis pantai 88km dan ketinggian maksimum 671meter. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kabupaten SumbawaNusa Tenggara BaratIndonesia.

Saat kunjungan yang terbaik pada musim kemarau yakni bulan Juni sampai dengan Agustus akan tetapi waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada bulan Juni dan Juli meskipun gelombang air laut mulai tenang dari April. Pulau Moyo yang terletak di Teluk Saleh memiliki cagar alam taman nasional Pulau Moyo yang berada beberapa kilometer dari pantai utara dan pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang yang indah dan habitat untuk babi hutan, biawak berikut 21 jenis kelelawar, rusa liar dan terdapat juga kelompok kera pemakan kepiting, sapi liar, rusa, babi hutan dan berbagai macam spesies burung, ikan hiu dan kura-kura. Hal ini menandakan bahwa Pulau Moyo terjaga kelestariannya.

Keindahan Pulau Moyo juga tidak diragukan lagi.Bagi pecinta alam maupun burung, Pulau Moyo adalah surga tersendiri. Dari 124 jenis burung yang ada di Sumbawa, 84 jenis diantaranya ada di sini. Beberapa spesies langka seperti kakak tua berkepala kuning dan burung gosong dapat Anda temukan di pulau ini. Bagi pecinta hiking, Anda akan menemukan air terjun, gua, serta sungai yang bisa Anda susuri. Dan untuk yang hobi bersnorkeling ataupun diving, di sini terdapat spot-spot bawah laut yang indah. Anda akan menemukan spon, anemon, belut, pelagik, manta, sekelompok ikan terbang sampai hiu kecil yang sedang berenang.

Akses ke Pulau Moyo 
Akses ke Pulau Moyo memang sedikit tidak mudah. Bila Anda dari Mataram, Pulau Lombok, NTB, Anda bisa menggunakan kendaraan darat dengan rute dari Mataram langsung menuju ke Pelabuhan Kayangan. Dari pelabuhan dilanjutkan ke Poto Tano (dengan kapal fery). Dari Poto Tano bisa langsung menuju ke Sumbawa Besar (dengan kendaraan darat). Total waktu tempuhnya sekitar enam jam perjalanan.
Anda bisa juga menggunakan jalur udara yakni dari Bandara Internasional Lombok menuju ke Bandara Sultan Kaharuddin, Sumbawa dengan menggunakan pesawat berjenis Fokker.
Pilihan akses ke Pulau Moyo lainnya adalah melalui Ai Bari yang terletak sekitar 20 km dari Sumbawa Besar. Dari Ai Bari, Anda bisa menggunakan speed boat dengan waktu tempuh sekitar 20 menit atau dengan kapal ketinting dengan waktu yang lebih lama tentunya.
sumber : 

Tidak ada komentar: