Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 24 Januari 2017

KEINDAHAN PULAU WEH ACEH



KEINDAHAN PULAU WEH ACEH

    Bagi Anda yang berlibur ke Sabang, jangan sampai ketinggalan untuk mengunjungi Tugu 0 Km. Mengapa demikian? Karena tugu 0 Km ini merupakan titik paling ujung negara di bagian ujung barat Indonesia. Sesampai disana, Anda dapat memanjakan mata melihat hamparan laut yang luas.
          Pulau Weh (atau We) adalah pulau vulkanik kecil yang terletak di barat laut Pulau Sumatra. Pulau ini pernah terhubung dengan Pulau Sumatra, namun kemudian terpisah oleh laut setelah meletusnya gunung berapi terakhir kali pada zaman Pleistosen. Pulau ini terletak di Laut Andaman. Kota terbesar di Pulau Weh, Sabang, adalah kota yang terletak paling barat di Indonesia.
         Pulau ini terkenal dengan ekosistemnya. Pemerintah Indonesia telah menetapkan wilayah sejauh 60 km² dari tepi pulau baik ke dalam maupun ke luar sebagai suaka alam. Hiu bermulut besar dapat ditemukan di pantai pulau ini. Selain itu, pulau ini merupakan satu-satunya habitat katak yang statusnya terancam, Bufo valhallae (genus Bufo). Terumbu karang di sekitar pulau diketahui sebagai habitat berbagai spesies ikan.
        Pulau Weh terletak di Laut Andaman, tempat 2 kelompok kepulauan, yaitu Kepulauan Nikobar dan Kepulauan Andaman, tersebar dalam satu garis dari Sumatra sampai lempeng Burma. Laut Andaman terletak di lempeng tektonik kecil yang aktif. Sistem sesar yang kompleks dan kepulauan busur vulkanik telah terbentuk di sepanjang laut oleh pergerakan lempeng tektonik.

        Nah, selanjutnya Anda juga dapat menelusuri keindahan pesona alam pulau Weh Sabang, dengan mengunjungi lokasi objek wisata lainnya seperti pantai Gapang, Iboih, Anoe Itam, Pulau Rubiah, Sumur Tiga, Pantai Kasih, dan banyak pantai lainnya yang dapat memanjakan mata Anda sesampai ke surga wisata pulau Weh Sabang di Aceh.

        Sabang tidak hanya wisatawan lokal atau wisatawan dalam negeri yang berkunjung, melainkan wisatawan luar negeripun ikut menikmati keindahan wisata bahari pulau weh sabang. Bagaimana tidak, keindahan wisata baharinya memang sangat menabjubkan. Seperti pantai di Iboih dan juga Pulau rubiah yang sangat dikenal sebagai objek wisata bawah laut.

SUMBER: 

http://www.matalhoong.com/2016/04/pesona-wisata-bahari-pulau-weh-sabang.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Weh




Tidak ada komentar: